Peran Audit Energi untuk Keberhasilan Sistem Manajemen Energi di Perusahaan

Aktivitas industri tidak bisa lepas dari besarnya penggunaan energi listrik untuk menghasilkan suatu produk. berdasarkan berbagai survei penggunaan energi, biaya energi listrik menjadi beban biaya terbesar dalam industri. Audit energi pun menjadi krusial untuk dilakukan dengan memilih perusahaan audit energi yang kompeten.

Pentingnya Sistem Manajemen Energi

Seringkali terdapat biaya tambahan yang harus dikeluarkan sedangkan beban energi listrik sudah maksimal. Manajemen dalam penggunaan energi listrik pun sangat dibutuhkan agar dapat terwujud efisiensi dalam penggunaan energi.

Dalam suatu proses produksi bahkan sering ditemukan bahwa emisi yang dihasilkan bertambah banyak apabila intensitas penggunaan energi listrik tinggi. Disinilah kepedulian terhadap kelestarian lingkungan ditekankan karena efek emisi dari industri akan menjadi sorotan.

Apa yang dimaksud manajemen energi ? yaitu sebuah pengendalian dan pengelolaan konsumsi energi agar energi yang digunakan efektif dan efisien sehingga hasilnya maksimal melalui teknis yang terstruktur dan ekonimis dalam aktivitas industri. Hal tersebut dilakukan dengan meminimalisir penggunaan energi pada proses produksi termasuk konsumsi bahan baku.

Hasil yang optimal dapat diraih apabila penerapan sistem manajemen energi dilakukan dengan baik sampai tercapai efisiensi energi. Oleh karena itu, diperlukan support dari berbagai elemen organisasi/perusahaan terkait.

Manfaat Audit Energi untuk Sistem Manajemen Energi

Disinilah audit energi berperan untuk mencapai keberhasilan manajemen energi. Dari data yang diperoleh dari proses audit energi, maka perusahaan dapat membuat program untuk mencapai efisiensi energi beserta kebijakan-kebijakan optimalisasi untuk diterapkan dalam suatu manajemen energi.

Dari hasil program dan kebijakan yang dibuat kemudian diperiksa untuk disesuaikan dengan target dan kriteria yang telah ditetapkan perusahaan. kemudian program dievaluasi agar ditindaklanjuti pelaksanaannya di masa mendatang.

Bila hal ini dilakukan secara berkesinambungan tentunya manfaat yang di dapat sangat besar untuk keberlangsungan perusahaan dari berbagai sisi, yaitu sebagai berikut :

  • Penghematan biaya
  • Perbaikan sistem kerja
  • Budaya kerja perusahaan yang lebih baik
  • Berdampak positif terhadap kelestarian lingkungan

Penting bagi organisasi/perusahaan di Indonesia untuk menerapkan sistem manajemen energi karena isu biaya energi dan pengaruh emisi gas buang terhadap lingkungan pun akan terus ada seiring perkembangan teknologi industri. Sewatama menyediakan jasa audit energi kompeten untuk terciptanya manajemen energi yang baik.