Penyebab Terjadinya Keputihan yang Berlebihan dan Solusinya

Penyebab Terjadinya Keputihan yang Berlebihan dan SolusinyaAnda yang sangat menjaga kesehatan vagina bisa mengambil foto vagina sendiri dan melihat kondisinya. Jika terjadi masalah kulit di sekitar vagina atau kebersihan yang tidak terjaga akan terlihat dari area sekitar kulit vagina. Selain itu ada masalah keputihan yang terjadi dan membuat Anda merasa tidak nyaman. Ini penyebab terjadinya keputihan yang berlebihan solusinya.

  1. Hormon

Keputihan dapat terjadi karena dipengaruhi oleh kondisi hormon yang ada di dalam tubuh. Salah satunya pada saat siklus menstruasi. Jadi kondisi keputihan yang dialami bisa saja berbeda-beda setiap bulannya. Tingkat hormon di dalam tubuh sesuai dengan makanan yang Anda konsumsi.

  1. Parasit Trichomonas Vaginalis

Keputihan juga dapat disebabkan oleh parasit Trichomonas Vaginalis yang merupakan jenis parasit dari ketularan saat berhubungan seks. Parasit ini juga dapat menyebar lewat perlengkapan mandi atau pun bibir kloset yang biasanya ada di toilet umum.

Cairan keputihan yang keluar berbentuk kental, kuning kehijauan, berbuih, dan bau anyir. Anda tidak mengalami rasa gatal saat keputihan ini terjadi, hanya saja akan terasa nyeri di lubang vagina saat ditekan. Rasanya akan sangat tidak nyaman dan bahkan terasa sakit jika terus dibiarkan.

  1. Adanya Bakteri Gardnella

Anda juga bisa saja mengalami keputihan karena adanya bakteri Gardnella yang menimbulkan infeksi dan gatal-gatal saat keluarnya. Anda bisa mengambil foto vagina untuk melihat ada tidaknya perubahan yang terjadi dari bentuk arau warnanya. Saat mengalami keputihan karena penyebab ini warnanya keabuan, berair, berbau amis, dan berbuih.

  1. Infeksi Virus

Penyebab lainnya dari keputihan yang dialami dalam jumlah banyak dan berisiko adalah Anda terkena infeksi virus. Infeksi ini berbarengan dengan penyakit kelamin lainnya. Bahkan Anda bisa saja mengalami adanya kutil di sekitar vagina. Keputihan akan terasa gatal dan panas. Sebaiknya saat mengalami ini segera diatasi sebelum semakin parah.

  1. Ovulasi

Tidak perlu khawatir jika Anda tidak mengalami keputihan yang berbau karena penyebab lainnya dari keputihan karena sedang dalam masa ovulasi. Anda berada di fase subur atau ovulasi yang membuat jumlah keputihan meningkat. Pada tahap inilah waktu yang tepat untuk berhubungan intim karena kemungkinan hamil lebih besar.

  1. IUD

IUD sejenis KB yang dimasukkan ke dalam vagina Anda. Keputihan bisa terjadi karena pemasangan IUD. Kondisi ini karena bagian vagina ada yang terinfeksi benda asing ini sehingga memicu pelepasan cairan putih di dalam tubuh menjadi lebih banyak.

  1. Alergi

Alergi juga dapat menjadi penyebab dari keputihan yang dialami. Biasanya alergi ini karena bahan kimia yang ada pada pembersih vagina. Anda perlu hati-hati dalam menggunakan bahan kimia yang berhubungan dengan vagina. Selain pembersih juga bisa karena pelumas.

Anda yang lebih tahu kondisi keputihan normalnya terjadi seperti apa. Jika sudah tidak seperti biasanya perlu dicurigai dan dicari tahu penyebabnya. Anda harus hati-hati untuk menjaga vagina. Mengambil foto vagina dapat menjadi cara untuk memantau kondisinya. Informasi lain seputar vagina bisa dilihat di Magazine Orami dengan mengunjungi orami.co.id.