Memilih Probiotik Terbaik untuk Anak-Anak

Memilih Probiotik Terbaik untuk Anak-AnakAnak-anak terutama bayi masih mendapatkan jenis probiotik terbaiknya melalui ASI atau susu. Sayangnya, anak mengalami kerentanan yang tinggi terhadap diare karena makanan yang dikonsumsinya belum tentu cocok dengan kondisi pencernaannya. Mereka membutuhkan probiotik untuk anak diare dan intoleran laktose sehingga aman dan efektif terhadap pencernaannya.

Cara Memilih Probiotik Anak

  1. Makanan

Makanan yang mengandung probiotik tinggi biasanya ada pada makanan yang sudah melalui proses fermentasi seperti yogurt, keju, kefir, buttermilk dan miso. Namun sebelum anda memilih makanan ini, perhatikan apakah produk tersebut mengandung bakteri baik yang bersifat aktif. Karena jika tidak, akan percuma mengonsumsi produk makanan tersebut.

  1. Kapsul

Anak-anak mungkin akan membenci jenis kapsul karena mengira bentuknya seperti obat. Namun, kapsul tertentu memang diperuntukkan anak-anak yang membutuhkan probiotik tambahan. Hal ini jauh lebih efektif ketimbang mengonsumsi probiotik lewat makanan terutama bagi anak yang mengalami alergi terhadap laktose.

Probiotik yang tampil dalam benttuk kapsul memiliki kelebihan yakni bisa bertahan di usus dan menempel pada bagian dinding ususnya. Sifatnya juga cenderung stabil jika dibandingkan dengan kandungan probiotik dalam makanan.

  1. Sirup

Probiotik untuk anak biasanya dikemas dalam bentuk sirup dengan rasa yang menyenangkan. Mereka tidak akan merasa bahwa sedang mengonsumsi obat dan di dosis tertentu hasilnya lebih efektif. Jika anak anda mengalami diare karena penggunaan antibiotik, maka probiotik sirup akan lebih dianjurkan daripada probiotik kapsul untuk antibiotic associated diarrhea.

Anda juga bisa membuat sirup probiotik sederhana di rumah dengan bahan alami. Bahan-bahan tersebut di antaranya adalah lemon, jahe dan madu. Potongan lemon tersebut dimasukkan ke dalam sebuah toples dan ditambahkan madu. Setelah didiamkan selama 7 hari, pisahkan lemon dan sari sirupnya. Sirup probiotik ini bisa disimpan di dalam kulkas selama 1 bulan.

  1. Suplemen

Suplemen biasanya menjadi pendamping makanan utama. Bentuk suplemen untuk anak biasanya dalam bentuk tablet yang bisa dikunyah dan rasanya manis sehingga mereka suka. Sebelum Anda memilih suplemen, pastikan di dalamnya mengandung bakteri aktif. Jenis bakkteri di antaranya adalah Lactobacills reuteri, Lactobacillus rhamnosus dan Lactobacillus acidophilus.