Jangan Salah Mengatasi Luka Pada Jari Anda! Berikut Cara Benarnya!

Jangan Salah Mengatasi Luka Pada Jari Anda! Berikut Cara Benarnya!

Tidak ada yang mengetahui luka akan terjadi, bisa kapan saja dan dimana saja Anda berkegiatan setiap harinya. Sebagai ibu rumah tangga tentu saja sering sekali mengalami masalah munculnya luka pada saat memasak. Misalnya saja luka jari terpotong pisau ataupun luka yang terkena benda panas seperti api ataupun minyak. Nah, maka dari itu pengetahuan Anda mengenai pertolongan pertama saat terjadi luka sangat diperlukan sekali. Jangan melakukan pertolongan secara sembarangan karena bisa saja menimbulkan bahaya, meskipun hanya teriris pisau tetapi tetap perlu perawatan yang tepat.

Sama seperti banyaknya jenis obat pilek untuk anak dipasaran, Anda akan menemukan beragam jenis obat luka yang aman dan tentunya baik untuk digunakan. Tetapi sebelum Anda melakukan pengobatan, ada baiknya untuk mengatasi dengan pertolongan pertama yang cukup mudah berikut ini:

  • Hentikan pendarahan.

Untuk pertama kalinya Anda harus hentikan terlebih dahulu pendarahan akibat teriris, tertusuk ataupun yang lainnya. Apapun jenis pendarahan yang terjadi, Anda perlu untuk segera melakukan penghentian. Bila masih termasuk ringan bisa langsung ambil tisu lalu tekan pada bagian yang terluka.

  • Bersihkan luka.

Jangan terburu untuk melakukan pengobatan pada luka jika belum dibersihkan, ini penting sekali. Pastikan luka yang ada pada tangan Anda itu terhindar dari kotoran, bersihkan dengan air yang mengalir sehingga bisa membersihkan luka secara menyeluruh dan tidak terjadi iritasi.

  • Oles antibiotik.

Penggunaan antibiotik pada penanganan luka sangat perlu sekali, meskipun tidak wajib tetapi bisa membantu mengatasi luka yang ada pada jari atau anggota tubuh lainnya. Untuk melindungi luka, bisa gunakan perban supaya tidak menempel kotoran.

Nah, itulah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk membuat luka pada jari cepat teratasi dengan baik. Jari yang teriris, terpotong ataupun luka bakar tentu saja memerlukan perawatan khusus. Artinya tidak bisa sembarangan begitu saja untuk membersihkan agar tidak menimbulkan iritasi yang lebih parah lagi. Jika memang kurang pengetahuan akan hal tersebut, bisa langsung konsultasikan kepada dokter ahli apalagi jika luka cukup besar.