Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menandatangani Kontrak Rumah

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menandatangani Kontrak Rumah

Sebelum menantangani kontrak rumah itu penting sekali memahami tentang surat perjanjian kontrak rumah ini terlebih dahulu. Jadi, surat perjanjian itu tidak hanya berlaku untuk jual beli tanah dan rumah saja. Namun, ternyata yang namanya perjanjian jual beli itu juga berlaku sama untuk proses kontrak rumah. Maka dari itulah, untuk urusan sewa menyewa atau urusan kontrak rumah itu tidak dilakukan lisan saja, namun harus tetap ada surat perjanjiannya terlebih dahulu. Jangan hanya berlandaskan pada rasa saling percaya saja.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan nantinya, tak ada salahnya bila Anda membuat surat perjanjian kontrak ini secara tertulis. Sehingga, andai saja ada salah satu pihak yang telah lalai, maka surat ini bisa dipakai untuk acuannya.

Berdasarkan pasal 1548 KUHP disebutkan sewa menyewa adalah surat perjanjian dimana satunya mengikatkan diri untuk memberi kenikmatan barang pada pihak yang lain dalam kurun waktu tertentu dalam pemabayran sesuatu harga, dan oleh pihak itu disanggupi pembayarannya.

Dengan surat perjanjian kontrak inilah tentunya bisa membuat pihak penyewa dan juga yang menyewakan bisa merasa nyaman karena telah ada hukum yang melindungi. Di bawah ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam surat perjanjian kontrak properti, antara lain:

Hari ini ……………, tanggal ……………………., di…………………………., Kami bertanda tangan:

Nama:

Tempat, Tgl Lahir:

Pekerjaan:

Alamat:

NIK:

Bertindak atas nama pribadi sebagai PIHAK PERTAMA atau pihak pemilik.

Nama:

Tempat, Tgl Lahir:

Pekerjaan:

Alamat:

NIK:

Bertindak atas nama pribadi sebagai pihak kedua atau pihak penyewa.

Selanjutnya, pihak pertama sebagai pemilik yang sah atas rumah tinggal yang berdiri di atas SHM, Nomor: ____ atas nama ________, di Jl ___________ No. __ RT/ RW: __/ __, Kel. ______, Kec. ______, Kab/ Kotamadya _______, Propinsi.

Pihak pertama bermaksud menyewakan rumah itu pada pihak kedua sebagai penyewa rumah dari pihak pertama. setelah itu, para pihak nanti setuju mengikatkan diri pada perjanjian sewa rumah berdasarkan ketentuan yang ada dalam pasal di bawah ini:

Pasal 1

Kesepakatan untuk Sewa Menyewa RUmah

Pihak pertama sepakat menyewakan rumah pada pihak kedua dimana pihak kedua sepakat menyewa rumah dari pihak pertama.

Sewa menyewa rumah berdasarkan ayat 1 dilakukan berdasarkan ketentuan di bawah ini: a. Harga sewa senilai Rp _______ ( ______________ rupiah). b. Jangka waktu sewa selama __ (___) bulan/ th*, dimulai dari tanggal ____ berakhir di tanggal ____ (Masa Sewa).

Pasal 2

Harga & Pembayaran

Pihak kedua menyewa rumah selama __ (______) th terhitung dari tanggal ___ sampai ____.

Harga sewa rumah disepakati senilai Rp ______ (_____________ rupiah) per bulan/ tahun * jumlah keseluruhan _______ (________________ rupiah) untuk jangka waktu sewa secara keseluruhan.

c1). Uang itu diberi pihak kedua untuk pihak pertama bersamaan penandatanganan dari surat perjanjian ini untuk tanda pelunasan semua jumlah uang sewa itu.

c2). Uang itu diberi pihak kedua pada pihak pertama secara bertahap selama ____ (______) dan juga pelunasan terakhir tgl ___. Dengan jumlah deposit awal senilai Rp ________ (_____________ rupiah).

pihak pertama memberi kwitansi sebagai tanda bukti peneriman pada pihak kedua.

Pasal 3

Jaminan

Pihak pertama memberi jaminan bahwa:

  • Rumah yang telah disewakan dalam sebuah perjanjian tersebut sepenuhnya adalah hak pihak pertama, bebas sengketa, dan tidak dalam kondisi sedang disewakan atau sedang dijual pada pihak ketiga.
  • Pihak kedua bisa sepenuhnya menjalankan haknya sebagai penyewa dari rumah itu agar tidak diganggu gugat pihak lain.

Pasal 4

Pembebanan Biaya & Perawatan

  • Pihak kedua berhak pemakaian listrik, saluran nomor telepon, dan juga air PDAM yang sudah terpasang sebelumnya pada bangunan rumah yang telah disewakan.
  • Piihak kedua berkewajiban membayar semua tagihan atau rekening dan biaya yang lainnya atas penggunaan.
  • Semua kerugian yang ditimbulkan karena kelalaian oleh pihak kedua saat memenuhi kewajiban sepenuhnya adalah tanggung jawab pihak kedua.
  • Pihak kedua harus merawat dan juga menjaga keadaan supaya bisa dalam kondisi yang baik termasuk pemeliharaan kelestarian lingkungan dan kebersihan lingkungan termasuk dalam memelihara kelestarian lingkungan dan kebersihan lingkungan dan sarana kepentingan umum.

Dan masih banyak pasal yang lainnya yang masih harus dicantumkan dan diperhatikan. Selanjutnya, kedua belah pihak dan beserta para saksi bertandatangan di atas materai perjanjian. Yang pasti, penulisan nama, nomor NIK, dan apapun yang berkaitan dengan identitasnya harus benar penulisannya. Begitu pula saat menulis masa sewa dan harga yang telah disepakati.

Itu tadi adalah beberapa hal penting yang harus diperhatikan ketika ingin membuat surat perjanjian kontrak properti.  Jadi, bila Anda ingin menyewa sebuah rumah, maka Anda bisa menggunakan jasa dari rumah.com untuk menilai material properti, rencana untuk pembangunan infrastruktur di lokasi, sampai perbandingan harga rumah yang lain dan juga sekitarnya.