8 Hal Terkait Keterlambatan Bayar Cicilan di Tunaiku

8 Hal Terkait Keterlambatan Bayar Cicilan di Tunaiku

Begitu dana cair, Anda diberikan tenggat waktu selama 26 hari untuk membayar cicilan pinjaman tanpa agunan Tunaiku. Tanggal jatuh temponya dihitung dari dana cair, bukan awal tanggal Masehi. Kadang memang terjadi hal yang tak diinginkan, seperti keterlambatan bayar cicilan. Untuk mengantisipasinya, simak 8 hal berikut ini.

  1. Jika Tanggal Jatuh Tempo di Hari Libur

Sebagaimana yang diketahui, bahwa nominal denda atas keterlambatan bayar cicilan adalah 100 ribu ditambah bunga 0,16%. Secara otomatis, jika jumlah harinya bertambah, maka nominalnya juga bertambah. Kalau tanggal jatuh tempo ada di hari libur, Tunaiku memberi saran untuk bayar denda di hari kerja. Sesuai dengan peraturan yang ada di BI.

  1. Paling Bagus Bayar Cicilan Plus Denda ke Kantor Tunaiku

Cara ini sangat ampuh untuk mencegah hal-hal lain yang tak diinginkan. Misalnya mesin ATM macet atau fitur autodebet tidak bisa memproses transaksi. Akibatnya, denda bisa bertambah jika tidak segera bayar. Sekarang ini, kantor layanan Tunaiku sudah berkembang luas di 16 wilayah Indonesia. Cek dulu apakah wilayah Anda dekat dengan kantor atau tidak.

  1. Adanya Kendala terhadap Virtual Account

Proses pembayaran cicilan plus denda keterlambatan biasanya pakai akun virtual OCBC NISP. Kegagalan transaksi bisa saja terjadi karena akun Anda baru saja diaktifkan. Tapi kalau sudah pernah dipakai untuk membayar dan berhasil, ke depannya hampir dipastikan tidak ada gangguan lagi. Pastikan juga nominal angkanya tepat sesuai data Anda.

  1. Wajib untuk Melampirkan Bukti Pembayaran

Poin ini diadakan untuk menjunjung sikap saling ketergantungan dan saling percaya. Secara tidak langsung, hubungan Anda dengan Tunaiku pun berlangsung dengan baik. Lampiran bukti pembayaran yang diterima Tunaiku langsung diproses saat itu juga. Caranya dengan meng-e-mail Tunaiku dan bubuhkan kata “Bukti Pembayaran – Nama Anda” di subjek.

  1. Wajib Cek Status Pembayaran Cicilan dan Denda

Biar pinjaman tanpa agunan Anda tidak dikenakan denda lagi, pastikan untuk cek status pembayaran. Sekalian untuk memastikan kalau uang yang ditransfer sudah masuk ke rekening Tunaiku. Caranya sama dengan poin keempat. Bisa lewat call center, e-mail, maupun nomor telepon Tunaiku Amar Bank.

  1. Simulasi Perhitungan Biaya Keterlambatan

Untuk menghindari kena denda lagi, sebaiknya Anda ketahui dulu ilustrasi serta simulasi perhitungan dendanya. Rumusnya adalah (angsuran per bulan x 0,16% x jumlah hari terlambat) + 100 ribu Rupiah. Jika ditotal, akan ketemu jumlah yang cukup besar. Oleh karena itu, penting sekali untuk terus mengingat tanggal jatuh tempo setiap hari.

  1. Tidak Ada Masa Tenggang, Keringanan, dan Perubahan Tanggal

Pinjaman tanpa agunan di Tunaiku bersifat mengikat. Oleh karena itu, ketika tidak ada masa tenggang, keringanan biaya, serta perubahan tanggal jatuh tempo, tetap wajib diikuti. Hal ini sudah tercantum dengan jelas di syarat dan ketentuan pinjaman Tunaiku. Begitu dana cair, simak kembali dokumen perjanjian kontrak pinjaman Anda.

  1. Pilihan Metode Pembayaran Cicilan sekaligus Denda

Adapun cicilan maupun pembayaran denda keterlambatan, metodenya sama, yakni ada 3 cara. Pertama bisa menggunakan ATM Bersama ataupun ATM Prima. Kedua, gunakan ATM OCBC NISP. Terakhir, bayar lewat teller bank tempat Anda membuat rekening. Ketiga cara tersebut sejauh ini masih berfungsi dengan sangat baik. Tinggal mau pilih yang mana.

Proses pembayaran denda atas keterlambatan cicilan sebetulnya tidak rumit. Jauh lebih rumit ketika memilih untuk mengulur-ulur hari. Soalnya bertambahnya hari, denda keterlambatan makin besar. Bukankah Anda ingin mengajukan pinjaman tanpa agunan di Tunaiku demi kesejahteraan hidup? Yuk, mulai sekarang lingkari tanggal jatuh tempo biar selalu ingat.