5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Bayi Lahir

5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Bayi LahirOrang tua, khusunya yang baru saja memiliki buah hati, akan merasa excited dalam menyiapkan berbagai kebutuhan bayi yang baru lahir, bahkan sejak si buah hati berada dalam dalam kandungan. Berbagai kebutuhan serta pernak pernik lucu nan menggemaskan sudah dipersiapkan.

Lalu, bagaimana tips mempersiapkan kebutuhan bayi new born ? Apa saja yang harus dibeli? Dan bagaimana cara mengatur barang-barang tersebut? Kali ini akan dibahas tentang menentukan juga manage keperluan bayi yang baru dilahirkan.

Tips Menentukan Keperluan Bayi Baru Lahir

  1. Buat daftar kebutuhan dan Tentukan Skala Prioritas

Pertama, Anda buat terlebih dahulu list dari berbagai kebutuhan si kecil nantinya. Mulai dari kebutuhan pokok, seperti pakaian, alat mandi, popok, juga botol dot. Hingga berbagai barang pelengkap seperti breastpump, tas bayi, cooler bag ataupun yang lainnya.

Buat daftar sedetail mungkin tentang apa saja keperluan bayi, dan tentukan skala prioritas dalam pembeliannya. Dahulukan yang penting terlebih dahulu. Anda juga bisa menjadwalkan kapan waktu yang pas untuk berbelanja. Membeli pakaian bayi saat usia kandungan 7 bulan atau mempersiapkan alat makan MPASI pada usia bayi menginjak 5 bulan, misalnya.

  1. Membeli Paketan Barang atau Produk dalam Jumlah banyak

Saat ini, banyak seller yang menjual berbagai keperluan bayi berbentuk paket. Seperti 1 set pakaian berisi baju, celana, topi dan kaos kaki. 1 set botol bayi, mulai dari botol dot, alat pencucinya hingga sterilizernya juga lain-lain.

Anda bisa memilih paketan ini sebagai alternatif pembelian karena cenderung lebih mudah dan efektif. Tidak perlu waktu yang lama untuk berbelanja dan fungsi dari setiap barang tentu sudah Anda ketahui.

Tipsnya yang lain adalah, membeli produk dalam jumlah yang banyak. Hal ini berlaku pada pakaian biasanya. Untuk newbron terdapat banyak toko yang menjual baju lusinan. Selain efektif, harganyapun lebih murah.

  1. Membeli Barang dengan Ukuran yang Sedikit Lebih Besar

Bayi biasanya akan lebih cepat tumbuh, untuk itu biasanya orang tua akan membeli barang, khususnya pakaian dengan ukuran yang lebih besar. Hal tersebut bisa membuat pengeluaran keperluan bayi menjadi lebih hemat juga barang bisa terpakai cukup lama.

Apalagi kini untuk ukuran baju, celan, sepatu dan lain-lain biasanya disertakan range usianya. 0-3 bulan, 3-6 bulan, 6-9 bulan dan seterusnya. Pilihlah barang dengan menyesuaikan pada keadaan bayi Anda.

  1. Manfaatkan Barang yang Ada

Jika si newborn anak kedua dan seterusnya, maka biasanya Anda memiliki beberapa barang bayi  ‘lungsuran’ dari si kakak. Atau jika Anda memiliki banyak saudara yang kini anaknya sudah tak bayi lagi, manfaatkanlah barang-barang yang ada terlebih dahulu.

Kebanyakan barang biasanya dalam kondisi masih bagus. Jadi, sortirlah terlebih dahulu, pilih mana sekiranya yang dibutuhkan. Jadi Anda bisa lebih hemat. Budget untuk keperluan bayi newborn bisa dimanfaatkan untuk membeli kebutuhan bayi lainnya.

  1. Simpan di Tempat yang Pas

Jika semua keperluan telah siap, saatnya Anda menunggu kehadiran bayi mungil yang akan segera mewarnai kehidupan Anda dan keluarga. Tempatkan barang-barang tersebut di tempat yang sudah dipersiapkan.

Pastikan barang dalam keadaan sudah dicuci bersih, gunakan Sleek Baby Laundy Detergent juga Sleek Baby Bottle, Nipple & Accessories Cleanser dengan kualitas terjamin untuk mencuci pakaian dan botol si kecil.

Tempat penyimpanannya pun harus dalam keadaan bersih, ya. Jadi, sudah siap untuk digunakan bayi nantinya. Untuk Anda yang sudah mendekali waktu HPL, persiapkan barang bawaan menuju tempat bersalin dalam 1 tas.

Tas tersebut berisi beberapa set pakaian bayi, alat mandi atau botol susu, popok, kain, pakaian ibu juga berbagai dokumen pendukung. Sehingga, jika nantinya sudah ada kontraksi, Anda bisa langsung berangkat ke rumah sakit karena barang telah dipersiapkan sebelumnya.

Pada intinya adalah, kenali betul kebutuhan bayi Anda, juga setiap produk dan keunggulannya. Agar saat membeli berbagai keperluan si kecil, Anda tidak akan merasa bingung. Dahulukan yang sangat penting dan jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan segala sesuatu yang berhubungan dengan bayi.