0

Mendengar kata wisata tentu yang ada dibenak kita adalah suatu tempat yang indah, asyik, dan menyenangkan. Untuk itu banyak diantara kita yang rela pergi jauh untuk berwisata menikmati keindahan-keindahan alam yang menyejukan mata, serta udara segar yang dapat memberikan ketenangan.

Biasanya, semakin indah objek wisata maka akan semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat tersebut. Pengunjung akan berlomba-lomba untuk datang meski harus menempuh perjalan yang cukup jauh.

Indonesia sendiri merupakan negara yang kaya akan keindahan alamnya baik daratan maupun laut. Salah satunya adalah objek wisata alam di pulau Kalimantan. Namun tentu yang akan saya bahas disini hanya sebagaian kecil wilayah yang ada pulau Kalimantan yakni Kalimantan Utara, Tepatnya Kabupaten Tana Tidung.

Ya, Kabupaten Tana Tidung (KTT) merupakan Kabupaten baru di Kalimantan Utara yang ditetapkan pada 17 Agustus 2007 lalu. Tapi tidak banyak yang tahu bahwa Kabupaten Tana Tidung merupakan daerah yang memiliki beragam potensi wisata yang menunggu untuk dijelajahi.

Wisata Alam Tersembunyi di Tana Tidung Kalimantan Utara

Ingin tahu destinasi apa saja sih yang terdapat di kabupaten termuda Provinsi kalimantan utara ini?

Berikut beberapa objek wisata di Tana Tidung yang dapat Anda kunjungi:

Air Terjun Gunung Rian

Air terjun gunung rian ini terdapat di Desa Safari Rian, Kecamatan Muruk Rian. Air terjun ini memiliki ketinggian 90 meter sampai ke puncaknya dan jatuh melalui bebatuan terjal Gunung Rian yang terdiri dari 7 tingkatan, namun hanya tingkat 1 dan 2 saja yang sering dikunjungi oleh wisatawan, karena untuk mencapai tingkatan lainnya diperlukan tenaga ekstra, apalagi untuk sampai pada tingkat ke tujuh yang merupakan puncak Air Terjun Rian ini. Hanya untuk orang-orang yang berpengalaman dibidang panjat tebing saja yang bisa mencapainya. Di tingkat dua ini memang air yang jatuh belum terlalu tinggi, namun air terjun tingkat dua ini memiliki areal yang lebih luas dibanding dengan tingkatan selanjutnya dan bisa digunakan untuk berkemah. Jadi Anda bisa bermain air dengan nyaman dan menyenangkan.

Beberapa gazebo tampak berjajar sebagai peneduh saat panas ataupun jika turun hujan. Bentangan halaman tersusun paving blok yang dapat dipakai pengunjung untuk bersantai ataupun lesehan dan memarkir kendaraan.

Pemerintah Tana Tidung sendiri masih terus melakukan tata kelola ait terjun ini agar lebih menarik untuk dikunjungi sehingga akan menarik para wisatawan untuk datang.

Untuk sampai ke air terjun Gunung Rian ini bisa dibilang cukup mudah, dari Tarakan Anda bisa menaiki speedboat dan singgah di pelabuhan Kabupaten Tana Tidung. Setelahnya perjalanan dilanjutkan melalui darat sejauh 28 km ke arah Malinau. Dari Malinau menuju lokasi adalah sejauh 45 km atau sekitar satu jam perjalanan dari Tidang Pali, Ibukota Kabupaten Tana Tidung.

Hutan Lindung Sungai Sesayap

Setelah asyik menikmati air terjun yang indah saatnya Anda untuk berlayar mengelilingi Hutan Lindung Sungai Sesayap yang merupakan tempat wisata yang wajib Anda kunjungi saat berada di sana .

Anda dapat menikmati objek wisata alam ini dengan berlayar menyusuri sungai Sesayap menggunakan perahu yang disediakan penduduk setempat. Sepanjang Anda berlayar Anda dapat menikmati pemandangan indah rimbun nya pepohonan yang tumbuh subur di pinggiran sungai Sesayap ini.

Pohon Pengarat tumbuh subur di sepanjang sungai ini yang dijadikan sebagai tempat untuk berlindung dan berteduhnya berbagai jenis hewan yang dilindungi seperti kera, burung dan hewan lindung lainnya.

Pemandangan Alam lain menarik yang dapat Anda nikmati adalah ketika para nelayan disana sedang menangkap berbagai macam ikan dan menjala udang di sepanjang Sungai Sesayap yang merupakan salah satu daerah penghasil udang.

Persemaian Inhutani Tana Tidung

Setelah puas berlayar mengelilingi sungai, kini tiba waktunya Anda untuk bersantai sejenak menikmati suasana sejuk di Persemaian Inhutani yang merupakan salah satu tempat wisata Kabupaten Tana Tidung.

Persemaian Inhutani ini menyuguhkan suasana alam yang sejuk dan nyaman

sehingga tempat ini selalu dijadikan tempat rekreasi keluarga baik oleh para wisatawan lokal mapun mancanegara

Saat memasuki kawasan persemaian inhutani ini Anda akan menemukan tiga buah tempat tinggal unik sebagai rumah beberapa pengawas yang bertugas menjaga tempat ini serta beberapa kandang satwa sebagai daya tarik bagi para pengunjung menikmati liburan. Selain itu, pengelola juga menyiapkan lokasi outbond yang bisa dinikmati pengunjung.

Wah, Seru ya…

Nah, bagi Anda yang ingin berkunjung ke Pulau Kalimantan atau ke lokasi wisata lainnya Anda dapat mencari promo tiket murah kemudian pesan tiket pesawat online di Reservasi.com. selain mudah, Anda juga tidak perlu repot-repot keluar rumah untuk mendapatkan tiket pesawat cukup melalui gadget atau smartphone Anda di rumah semuanya sudah bisa Anda nikmati. Gampang bukan? Selamat mencoba…

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail