0

Untuk mendesain atau yang berkaitan dengan grafis, membutuhkan komputer dengan spek yang tinggi sehingga PC (personal komputer) lebih dipilih dibandingkan dengan laptop walaupun saat ini sudah banyak laptop yang dapat digunakan untuk grafis. CPU komputer yang digunakan juga harus memenuhi spesifikasi tertentu sehingga melancarkan pekerjaan Anda untuk mendesain. Anda harus memilih mobo atau motherboard dengan soket processor baik yang standar atau premium, sebaiknya pilih yang 11156 atau 1366.

Kedua adalah processor. Terdapat 2 pilihan yaitu AMD dan Intel dan masing-masing processor tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Banyak yang mengatakan jika AMD lebih cocok untuk grafis namun kekurangannya adalah processor ini cepat panas sehingga Anda harus menggunakan kipas yang mampu untuk meredam panas processor. Namun untuk keseimbangan masing-masing komponen, processor Intel lebih menjadi pilihan untuk komputer grafis. Untuk Intel minimal harus core i3 sehingga komputer dapat berjalan dengan baik.

Ketiga adalah RAM. Jika Anda hendak menggunakan komputer tersebut untuk keperluan grafis 3Dimensi, sebaiknya pilih RAM minimal 4GB. Hal tersebut dikarenakan jika kurang dari 4GB, akan membuat komputer menjadi berat terutama untuk proses rendering. Keempat adalah VGA. Komponen ini menjadi komponen yang wajib diperhatikan saat membeli atau merakit CPU Komputer untuk grafis ataupun gaming. Terdapat 2 pilihan VGA Cards yaitu Nvidia dan AMD. VGA dengan bit yang lebih tinggi lebih bagus performanya jika dibandingkan dengan VGA yang biasa.

Tips Merakit Komputer Desain Grafis

Keempat adalah HDD atau harddisk untuk menyimpan seluruh data yang ada di komputer tersebut. Kapasitas hard disk tersebut bervariasi. Semakin besar kapasitasnya, maksimal 2 Thera Bit, maka akan semakin bagus karena dapat menyimpan data lebih banyak terutama grafis yang memiliki file dengan ukuran yang besar. Selain kapasitas, Anda juga harus memperhatikan kecepatan putar dan cache dari HDD tersebut. Pilih harddisk yang memiliki kecepatan putar di atas 7200 rpm.

Kelima adalah cooling fan. Jika komputer Anda tidak memiliki cooling fan maka dapat dipastikan komputer tidak akan berjalan dengan baik bahkan mungkin dapat terbakar. Ketika Anda gunakan untuk mengerjakan design, misalnya membuat karakter ataupun untuk rendering, suhu komputer akan meningkat. Jika komputer tetap dingin saat digunakan maka akan membuat komputer lebih nyaman untuk digunakan dan tidak berhenti mendadak atau nge-hang.

Merakit CPU Komputer Grafis

Keenam adalah casing. Percuma jika Anda memiliki komputer namun tidak memiliki casing untuk menutup CPU yang akan membuat CPU lebih mudah kotor dan dapat mengganggu kinerja komputer. Perhatikan design casing CPU sehingga sirkulasi udara dapat berjalan dengan baik dan menjaga agar suhu CPU tetap stabil. Ketujuh adalah power supply. Semakin canggih komponen dari komputer yang digunakan maka akan membutuhkan daya yang semakin besar. Daya minimal yang sebaiknya digunakan adalah 500 watt dan agar lebih aman dan nyaman untuk digunakan, dapat ditambah menjadi 800 watt.

Selain CPU Komputer terbaikpilih mouse dan komputer yang tepat untuk grafis. Mouse yang bagus dan tepat dapat meningkatkan kualitas dari design. Hindari untuk menggunakan mouse dengan tingkat Dpi yang lebih rendah dari 800 Dpi. Sebaiknya, gunakan mouse game dengan kerapatan DPI yang cukup tinggi yaitu sekitar 3000-6000 Dpi. Sedangkan untuk monitor, sebaiknya gunakan jenis LCD karena lebih memiliki kualitas warna yang lebih baik dan lebih stabil, karena jika salah pilih monitor, warna asli tidak akan tercerminkan dengan sempurna terutama jika Anda menggunakan warna redup atau muda.

 

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail