0

Pengertian pendidikan anak dalam keluarga – Pepatah mengatakan bahwa buah yang jatuh tidak jauh dari pohonnya. Karakter dan moralitas seorang anak, bisa jadi adalah cerminan dari orang tuanya. Hal tersebut juga akan menunjukkan bagaimana orang tua atau keluarga dalam mendidik anaknya. Karena pendidikan keluarga adalah hal yang penting, yang akan membentuk karakter atau menjadi pondasi dari budi pekerti sang anak.

Pengertian Pendidikan anak dalam Keluarga

Pengertian Pendidikan Keluarga

Secara etimologi, kata keluarga berasal dari kata “kawul” yang artinya hamba dan “warga” yang artinya anggota. Sedangkan secara terminologi, kata keluarga adalah unit terkecil masyarakat yang terdiri atas dua atau lebih yang terjadi karena ikatan darah, perkawinan, atau adopsi. Keluarga adalah sebuah wadah pertama seorang anak mendapatkan pembelajaran dan pendidikan. Sehingga bisa dikatakan bahwa keluarga adalah dasar utama pendidikan anak.

Nah, diatas adalah pengertian pendidikan anak dalam keluarga. Lantas masalah selanjutnya adalah, bagaimana konsep mendidik anak tersebut agar terbentuk anak yang baik, dalam budi pekerti maupun prestasinya.

Konsep Pendidikan Bagi Anak Dalam Lingkungan Keluarga

Sebenarnya, secara naluri, setiap orang tua akan memberikan yang terbaik untuk anak – anaknya. Mereka akan berusaha untuk membimbing, membekali, dan mengajarkan kepada anak – anaknya agar mereka bisa menghadapi tantangan kehidupan ketika mereka dewasa kelak. Hal tersebut karena keluarga merupakan sebuah lembaga pendidikan yang memberikan pengalaman pertama bagi perkembangan anak.

konsep-dan-pengertian-pendidikan-anak-dalam-keluarga

Pengalaman baik dan buruk yang dialami anak di dalam keluarga akan menjadi bekasan hingga ia dewasa kelak. Para ahli psikologi juga sudah membuktikan bahwa ingatan akan pengalaman masa lalu yang menyedihkan ketika kecil, akan mampu mengganggu perkembangan kejiwaan anak. Sehingga, pendidikan keluarga menjadi penentu bagaimana proses perkembangan emosional anak.

Tidak hanya di bidang psikologis, peran pendidikan keluarga juga sangat penting dalam proses pembentukan karakter dan kepribadian anak. Tanaman – tanaman mengenai nilai moral harus dilakukan dalam proses pendidikan anak dalam keluarga. Orang tua harus senantiasa mengarahkan anaknya dalam proses pendidikan moral. Jika orang tua sudah lepas tangan, berarti mereka sudah merusak masa depan anaknya sendiri.

Peran Penting Pendidikan Keluarga Bagi Pendidikan Selanjutnya

Dengan membentuk kepribadian anak yang sesuai dengan nilai – nilai moral dan norma yang berkembang di masyarakat, selanjutnya jika anak sudah memasuki usia belajar di instansi pendidikan selain keluarga, mereka sudah siap. Sehingga lembaga – lembaga pendidikan yang selanjutnya hanya bertugas membentuk skill atau kemampuan anak.

Namun, meskipun instansi pendidikan selain keluarga juga melakukan pembinaan moral dan kepribadian anak, tetap peran keluarga tidak bisa digantikan karena faktor kedekatan dan hubungan darah sebagaimana yang sudah dijelaskan sebelumnya. Sehingga, disini peran orang tua adalah mampu bekerja sama dengan pihak instansi pendidikan seperti sekolah. Dengan maksud agar orang tua tetap bisa memantau dan mengetahui dengan jelas bagaimana perkembangan anaknya.

Dari penjelasan diatas, sebenarnya kita dapat menarik kesimpulan bahwa pendidikan keluarga hal yang riskan dan harus dilakukan untuk membentuk generasi bangsa yang cemerlang. Peran pendidikan keluarga menjadi peletak dasar bagi perkembangan anak. Sehingga, saran saya bagi setiap orang tua, lebih baik mengalahkan pekerjaan dibandingkan pendidikan anak. Semoga bermanfaat.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail