0

Pembangunan perekonomian nasional Indonesia di dukung oleh berbagai sektor perekonomian, salah satunya adalah sektor pertanian yang menjadi salah satu tulang pembangunan perekonomian itu sendiri. Sektor pertanian ini sangat banyak menyerap tenaga kerja  dan mempunyai peran yang sangat penting dalam pembentukan PDB (Produk Domestik Bruto), pengentasan kemiskinan, penyediaan pangan, penerimaan devisa, penyeimbang ekosistem hingga sebagai pembentuk budaya bangsa.

Sektor pangan merupakan salah satu hal terpeting dalam pertanian. Tingkat pertumbuhan yang di imbangi dengan ketersediaan pangan menjadi suatu hal yang penting mengingat saat ini penduduk indonesia telah mencapai lebih dari 250jt jiwa sehingga menuntut agar instasi di sektor pangan dapat ditingkatkan.

Sampai tahun ini realisasi investasi pada sektor pangan terus mengalami trend yang cukup positif karena selalu didukung oleh pemerintah dalam upaya untuk dapat meningkatkan produktivitas dari hasil pertanian melalui adanya investasi pada modernisasi alat-alat pertanian. Dengan adanya peningkatan insestasi penanaman modal dalam negeri (PMDN) maka pertumbuhan PMA (Penanaman Modal Asing) pun akan ikut meningkat.

Investasi Sektor Pertanian Cukup Menjanjikan

Investasi bersama bkpm di sektor usaha pertanian mendorong minat dari para investor untuk ikut menanamkan modal pada sektor pertanian yang di tandai dengan meningkatnya nilai izin prinsip sektor pertanian, izin prinsip ini meliputi beerapa bidang seperti bidang usaha peternakan, perkebunan dan bidang tanaman pagan. Kenaikan niali izin prinsip pada sektor pertanian ini nilainya cukup tinggi.

Saat ini BKPM Terus berkoordinasi dengan kemetrin bidang pertanian dan lembaga lainya agar dapat memastikan bahwa aturan – aturan yang di keluarkan dapat mendukung proses percepatan realisasi investasi yang telah mengajukan izin prinsip ke BKPM.

Sektor Pertanian ini menjadi salah satu sektor yang menjadi fokus pemasaran investasi dari BKPM disamping beberapa sektor lainya. Keunggulan sektor pertanian ini ada pada sektor demand masyarakat yang mempunyai trend semakin meningkat karena jumlah populasi yang terus bertambah. Selain itu peluang kenaikan profit juga sangat tinggi jika dibandingkan dengan sektor lain.

Pertanian merupakan salah satu sektor yang cukup strategis, karena tidak selalu bertumpu pada sektor padi namun juga pada sektor lai seperti rempah yang diketahui memiliki nilai jual yang cukup tinggi terutama di pasar internasional.

Nah itulah alasan mengapa investasi pada usaha sektor pertanian di anggap cukup penting.  BKPM telah memberikan presisi dan pertimbangan bagi anda untuk berinvestasi. Namun tentunya faktor resiko selalu ada pada setiap investasi karena usaha sektor pertanian memang cukup menjanjikan namun bukan berarti tidak memiliki resiko investasi.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail