0

Bagi wanita semua area kulit patut menjadi perhatian, termasuk daerah selangkangan. Problem paling umum terjadi adalah selangkangan menghitam. Kalau sampai itu terjadi dijamin si pemilik selangkangan akan enggan menggunakan hot pants dan menghindari berenang. Malu dong kulit mulus tapi selangkangannya hitam.

Sebenarnya selangkangan menghitam adalah wajar, namun memang terlihat kurang indah dipandang. Bukan hanya selangkangan melainkan daerah-daerah lipatan memang sering terlihat lebih hitam dibanding dengan area lain, apalagi area wajah yang setiap hari dirawat.

Sebab Selangkangan Menghitam

Sebenarnya apa sih penyebab selangkangan berwarna hitam? Berikut adalah daftar penyebab selangkangan berwarna hitam.

penyebab selangkangan hitam

  1. Sering Bergesekan

Selangkangan menghitam bisa disebabkan daerah tersebut sering bergesekan dengan celana. Apalagi celananya ketat maka makin cepat menghitam.

  1. Bercukur

Nah, mencukur rambut di area selangkangan ternyata bisa memicu selangkangan menjadi hitam. Hal yang sama terjadi pula di area kemaluan, pangkal paha dan selangkangan. Karena itu sebaiknya berhati-hati menggunakan pisau cukur di selangkangan. Penggunaan waxing menghasilkan efek yang lebih baik.

  1. Lembab

Kondisi selangkangan yang lembab secara tidak langsung bisa memicu penggelapan kulit. Ceritanya begini: selangkangan lembab mengakibatkan timbulnya jamur permukaan yang memicu rasa gatal, saat digaruk atau digosok-gosok maka permukaan kulit akan mengalami iritasi. Iritasi inilah yang secara visual terlihat sebagai kulit yang menghitam.

  1. Jamur

Seperti yang disebutkan tadi, jamur bisa menjadi pemicu gatal. Jamur juga bisa muncul karena jarang mandi atau mandi tanpa sabun. Jamur-jamur ini ada yang memang berwarna coklat ada pulang yang menghitam karena iritasi akibat digaruk.

  1. Kegemukan

Kegemukan biasanya menyebabkan penumpukan lemak pada pangkal paha. Akibatnya saat bergerak permukaan kulit akan bersinggungan dan bergesekan antara paha kiri dan kanan. Hal ini akan memicu permukaan kulit menjadi lebih hitam.

  1. Kencing Manis

Penderita kencing manis memiliki kecenderungan kulit menghitam di area-area lipatan. Hal itu disebabkan resistansi insulin pada lipatan-lipatan kulit yang akan menimbulkan warna lebih gelap di area-area tersebut.

  1. Usia

Usia tidak bisa dipungkiri menjadi penyebab yang tidak bisa ditolak atas kulit yang menghitam. Perubahan pigmen dan kemampuan kulit meregenerasi yang tidak seimbang mengakibatkan kerusakan kulit di area selangkangan tidak tertanggulangi dan menghitam.

  1. Hormon

Perubahan hormon terjadi pula seiring perubahan usia, kehamilan, stress atau sedang ada ketidakstabilan produksi hormon. Hal ini bisa juga memicu menghitamnya kulit di area selangakangan dan area lipatan lain. Namun ini jarang terjadi.

  1. Hiperpigmentasi Post Inflamasi (HPI)

Ini adalah kondisi dimana terjadi kelainan pigmen kulit. Hiperpigmentasi Post Inflamasi bisa dipicu oleh peradangan akut maupun kronis di area selangkangan. Saat terjadi hiperpigmentasi, produksi pigmen meningkat dan mengakibatkan daerah selangkangan menjadi lebih gelap.

Nah itulah beberapa penyebab selangkangan menghitam, oleh karena itu hindari hal tersebut jika anda tidak menginginkan selangkangan anda berwarna hitam.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail