0

Sebagai ibu hamil banyak sekali hal-hal yang harus dihindari karena dapat membahayakan janin dan ibu hamil itu sendiri. Saat hamil anda juga harus lebih berhati hati mulai dari apa yang anda makan, anda pakai, dan anda lakukan. Mitos-mitos seputar larangan dalam kehamilan juga banyak terdapat dalam masyarakat.

Namun mitos-mitos tersebut ada yang memang terbukti secara ilmiah ataupun hanya mitos belaka. Misalnya mitos ibu hamil muda dilarang untuk berhubungan intim ini disetujui dengan penelitian ilmiahnya karena ditakutkan akan terjadi goncangan pada rahim dan menyebabkan keguguran, tetapi secara medis disarankan untuk sering melakukan hubungan intim saat usia kehamilan sudah menua karena malah membantu memperlancar proses persalinan bagi ibu hamil. Dalam artikel ini akan dibahas lebih lanjut mengenai pantangan-pantangan yang harus dihindari ibu hamil karena berbagai macam faktor.

Hal-Hal Yang Wajib Dihindari Saat Hamil

yang harus dihindari saat hamil trimester pertama

  1. Makanan Mentah

Jika anda adalah penggemar makanan olahan mentah seperti sushi atau steak setengah matang sebaiknya anda menghindari makanan jenis ini selama hamil. Kandungan bakteri dalam makanan mentah seperti bakteri Listeria sangat berbahaya bagi janin bahkan dapat menyebabkan keguguran. Makanlah daging atau ikan yang benar-benar diolah secara matang.

  1. Teh Herbal dan Kafein

Sebaiknya jika anda sedang hamil muda untuk menghindari minuman ini. Kandungan kafein yang terdapat dalam kopi dan juga teh walau dalm jumlah sedikit dapat berbahaya karena dapat menembus plasenta. Jika itu terjadi detak jantung bayi dan pernafasannya akan terganggu.

  1. Mengkonsumsi Seafood

Pantangan ini berlaku pada wanita dengan usia kandungan yang masih muda karena dikhawatirkan akan terjadi alergi selama kehamilan. Meskipun ikan kaya akan kandungan Omega-3 nya, tetapi yang perlu anda waspadai juga karena saat ini banyak seafood yang tercemar oleh logam-logam berat seperti logam merkuri yang dapat menghambat pertumbuhan syaraf pada bayi.

  1. Menghindari Paparan Suhu Panas Berlebih

Berada dikondisi panas yang berlebihan dalam waktu yang lama membuat wanita hamil menjadi lemas. Jika selama 12 minggu awal kehamilan sebaiknya anda menghindari paparan panas yang dapat menaikkan suhu tubuh hingga lebih dari 38,5 derajat celcius. Hal itu dapat menyebabkan cacat janin karena pada masa itu janin sedang dalam proses perkembangan. Selain itu juga dapat menyebabkan terjadinya kelahiran prematur.

  1. Menghindari Mengangkat Beban Berat

Saat anda hamil anda harus sangat berhati-hati untuk melakukan aktifitas fisik sehari-hari. Ibu hamil memiliki peningkatan hormon progesteron yang merilekskan dan melemaskan otot-otot dan jaringan persendian sehingga membuat area panggul tubuh lebih flexible. Hal ini bisa membuat anda lebih cenderung mudah cedera. Jika anda mengangkat beban berat dikhawatirkan akan terjadi peregangan dan cedera punggung yang berbahaya.

Sebagai ibu hamil ada baiknya anda memperhatikan hal-hal yang dapat membahayakan janin maupun diri anda sendiri. Proses persalinan yang lancar dan perkembangan janin yang sehat tentunya menjadi impian bagi setiap orang tua.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail