0

Ketika bayi susah makan maka setiap orang tua pasti akan khawatir. Setiap orang tua pasti menghendaki buah hatinya tumbuh dan berkembang dengan sehat. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menjaga asupan gizi yang diperlukan bayi secara seimbang. Hal ini dilakukan dengan pemberian makanan pendamping ASI. Namun ketika bayi susah untuk makan maka hal ini tentu harus segera diatasi agar tidak mengganggu tumbuh kembang si kecil. Permasalahan susah makan akan membuat penurunan berat badan bayi, padahal pertumbuhan yang baik pada balita, salah satunya ditandai dengan penambahan berat badan yang teratur dan ideal.

Kenali Penyebab Bayi Susah Makan

Untuk dapat menangani permasalahan bayi yang susah makan maka langkah yang harus Anda lakukan terlebih dahulu adalah mengenali penyebab mengapa si kecil susah makan. Hal yang dapat terjadi misalnya ketika ternyata si kecil sakit, atau mengalami sariawan. Hal ini tentu akan membuat selera makannya menurun. Oleh karena itu Anda harus mengenalinya sehingga dapat dilakukan penyembuhan agar bayi tidak susah makan. Selain itu hal lain yang membuat bayi susah makan bisa berasal dari selera bayi.

cara mengatasi bayi susah makan usia 6 bulan

Kenali apakah bayi Anda cenderung bosan terhadap jenis makanan yang diberikan setiap harinya atau malah sebaliknya. Apabila bayi cenderung bosan terhadap jenis variasi makanan yang diberikan setiap harinya, Anda harus mempersiapkan variasi resep makanan baru. Selain itu perlu diberikan variasi jenis rasa makanan yang lain, misalnya rasa manis ataupun asin. Carilah jenis makanan yang disukai si kecil. Ataupun sebaliknya apabila si kecil tidak terlalu suka untuk mencoba jenis makanan yang baru maka Anda tidak boleh memaksakan, dan harus memperkenalkan variasi makanan baru dengan cara yang kreatif untuk mengatasi bayi susah makan.

Cara Mengatasi Bayi Susah Makan

Pada usia 6 bulan merupakan usia ideal pemberian makanan tambahan pendamping ASI. Makanan tersebut biasanya berupa bubur bayi instan dengan aneka rasa yang dapat diperoleh di toko. Namun terkadang bayi bisa saja bosan dengan bubur bayi ini. Maka untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat membuat bubur bayi sendiri. Buatlah bubur seperti biasanya, kemudian saringlah bubur tersebut dengan saringan khusus bubur untuk memperlembut teksturnya. Setelah itu Anda dapat menambahkan sayuran ataupun daging ayam yang dilumatkan. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi bayi.

Kemudian untuk meningkatkan selera makan bayi, Anda dapat memberikan variasi dalam pemberian makanan. Dalam hal ini Anda harus pintar-pintar mengatur variasi makanan. Cobalah cari referensi resep makanan bayi lewat internet untuk menambah wawasan Anda. Anda juga dapat memberikan variasi makanan berupa kentang rebus, pisang, atau variasi berupa macam-macam sayur mayur. Cara lain untuk mengatasi bayi yang susah makan Anda dapat melakukan demontrasi cara makan yang dapat mengundang bayi agar tertarik untuk makan. Demikianlah cara untuk mengatasi bayi susah makan.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail