0

Di abad ke-21 ini banyak diantara kita yang sangat tertarik dengan dunia fotografi, baik sebagai profesi maupun sekedar hobi untuk menyenangkan hati. Belajar fotografi pun semakin mudah sebab perangkat yang diperlukan bisa didapatkan dimana saja dan kapan saja. Asalkan memiliki modal lumayan kita bisa membekali diri dengan kamera canggih, namun mayoritas memilih antara kamera SLR dan juga DSLR. Adakah perbedaan dari keduanya? Rupanya ada dan perbedaan ini cukup banyak namun sama-sama sahabat fotografi mumpuni.

Berkenalan dengan Kamera Digital Jenis SLR

Meski sekilas nampak sama namun antara SLR dan DSLR memiliki perbedaan baik dari segi cara penggunaan, sistem olah hasil jepretan, dan lain sebagainya. Khusus untuk kamera jenis SLR maka kita bisa berkenalan dulu dengannya sebab saat ini tengah banyak dilirik terutama oleh mereka yang ingin belajar fotografi. Kamera satu ini diberi nama SLR yang merupakan kependekan dari ‘Single Lens Reflex’ sehingga merupakan kamera dengan lensa tunggal.

Baik SLR maupun DSLR saat ini memegang rating tertinggi dalam penggunaan kamera digital oleh masyarakat. Meski harganya tidak murah yakni berkisar antara Rp 3 jutaan sampai Rp 70 jutaan, namun peminatnya tetap tinggi. Apalagi penggunaan kamera dewasa ini begitu intens sebab banyak moment istimewa yang sayang jika tidak diabadikan. Sejak perkembangan ponsel dengan kualitas kamera jempolan maka semakin banyak orang mulai berpikir memakai kamera digital sebab hasilnya lebih memuaskan.

Perbedaan Antara SLR dan DSLR

Perbedaan Antara SLR dan DSLR yang Wajib Diketahui

Ada beberapa hal yang membedakan antara kamera SLR dengan saudaranya yakni DSLR sehingga wajib diketahui sebelum membeli salah satunya. Tujuannya tentu saja mendapatkan kamera sesuai dengan tujuan pemakaian ataupun harapan. Adapun perbedaan yang perlu diketahui tersebut antara lain:

  1. Kamera jenis SLR menggunakan sistem lensa tunggal,

Lensa tunggal yang digunakan memberikan satu jalur saja untuk membidik obyek fotografi ke dalam lensa dan diteruskan ke viewfinder. Keuntungan dari lensa tunggal ini adalah memungkinkan fotografer untuk menangkap obyek sesuai aslinya, sehingga tidak perlu diedit lagi.

  1. Penyimpanan hasil jepretan lewat roll film,

Jika kamera DSLR menyimpan hasil jepretan nya di kartu memory yang kadang kala tersedia lebih dari satu slot sebagai cadangan ruang penyimpanan. Maka pada jenis SLR ini hasil foto akan tersimpan di dalam gulungan film. Meski terkesan sangat jadul dan ketinggalan zaman namun dengan mencuat nya ke permukaan kembali setelah sekian lama menunjukan keunggulannya. Salah satunya adalah hasil penangkapan cahaya lebih maksimal.

  1. Minim tombol dan pengaturan,

Kamera DSLR dijalankan dengan sistem digital secara penuh sejak awal sampai akhir, yakni mulai dari penangkapan obyek foto sampai disimpan di dalam kartu memori. Ini pula yang menyebabkan kamera ini dilengkapi banyak tombol dan bagi pemula perlu teliti saat belajar. Berbeda dengan kamera jenis SLR yang memang minim tombol, sebab tidak memerlukan pengaturan apapun. Asal jepret foto bagus sudah bisa didapatkan itulah salah satu ciri khasnya.

  1. Kamera yang sudah ada sejak lama,

Meskipun perkembangan kamera terus terjadi dan semakin lama semakin berkualitas foto yang dihasilkan akan tetapi keberadaan SLR menjadi sebuah angin segar. Minimnya pengaturan dan kemudahan dalam perawatan membuatnya juga dilirik kembali meski memakai roll film. Eksistensi inilah yang menjadi kekuatannya sehingga menjadi pertanda bahwa memiliki kamera SLR tidak akan rugi sebab bisa dipakai kapan saja meski zaman sudah berubah.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail