0

Tips Memilih Jajanan Anak Agar Tetap SehatSuatu hal yang tidak mungkin apabila anak tidak mengonsumsi jajanan. Hal tersebut tentu tidak menjadi persoalan apabila seluruh jajanan yang ditawarkan tergolong sehat dan aman. Faktanya, semakin hari semakin banyak jajanan yang kurang higienis dan mengandung zat-zat berbahaya, misalnya formalin, pewarna pakaian, boraks, dan lain sebagainya.

Hal ini perlu menjadi perhatian bagi Anda sebagai orang tua. Kesehatan anak perlu diperhatikan, termasuk dalam hal konsumsi makanan. Untuk itu, tips jajanan anak sangat diperlukan. Inilah 5 tips memilih jajanan anak yang sehat agar anak terhindar dari gangguan kesehatan.

  1. Hindari Jajan di Tempat Terbuka

Makanan yang dijajakan di tempat terbuka tidak terjamin kesehatannya. Tidak menutup kemungkinan, pasti debu, polusi, dan kotoran lainnya menempel di permukaan makanan. Terlebih lagi, lalat-lalat bisa hinggap dengan mudah di makanan tersebut. Apabila hal ini terjadi, maka makanan menjadi tidak sehat dan dapat menimbulkan penyakit apabila dikonsumsi. Untuk itu, berilah pengertian pada anak Anda agar tidak jajan di tempat yang terbuka.

  1. Perhatikan Kemasan Makanan

Perhatikan juga kemasan makanan. Untuk membeli jajanan, jangan hanya memperhatikan rasa atau tampilannya. Kemasan makanan juga penting untuk diperhatikan. Hindari membeli jajanan yang dibungkus dengan koran atau kertas bekas. Pilihlah makanan dengan kemasan yang layak dan bersih.

  1. Hindari Makanan dengan Warna Mencolok

Warna makanan yang mencolok biasanya lebih disukai anak-anak karena lebih menarik. Hal ini sangatlah berbahaya karena sebenarnya warna yang mencolok tersebut berasal dari pewarna lain yang tidak seharusnya digunakan, seperti pewarna tekstil. Anda harus waspada dan berikan pemahaman yang baik kepada anak agar ia bisa mengerti dan mampu menghindari makanan yang berwarna mencolok.

  1. Waspada dengan Harga Makanan yang Tidak Wajar

Harga makanan yang ekonomis umumnya lebih diminati, karena terjangkau oleh setiap kalangan. Akan tetapi, harga makanan yang sangat murah adalah hal yang tidak wajar dan patut dicurigai. Di samping kemudahan berupa harga yang sangat murah tersebut, ada indikasi bahwa makanan tersebut terbuat dari bahan yang tidak sepenuhnya aman.

Bisa saja terdapat pewarna tekstil, formalin, pemanis buatan yang berlebihan, dan zat aditif lainnya yang berbahaya. Pedagang menggunakan bahan-bahan tersebut karena ingin meraup keuntungan lebih dengan harga bahan yang seminim mungkin.

  1. Beli Jajan di Tempat Bersih

Berilah pemahaman kepada si kecil untuk membeli jajanan di tempat yang terjamin kebersihannya. Ciri-ciri tempat yang bersih adalah tempatnya higienis dengan meja dan etalase yang bersih serta rapi. Jika tidak ada etalase, maka pastikan makanan yang dijajakan ditempatkan pada wadah yang bersih dan mempunyai penutup rapat.

Kesehatan sangatlah penting dan harus senantiasa dijaga. Apabila tubuh sehat, maka setiap aktivitas dapat dilakukan dengan mudah dan optimal. Untuk menjaga kesehatan tubuh, mulailah dengan memperhatikan konsumsi makanan dan minuman. Selain memperhatikan makanan utama, sangat penting untuk memperhatikan jajanan yang dibeli. Tips jajanan anak yang sehat dapat membantu dalam menjaga kesehatan. 5 tips memilih jajanan sehat tersebut dapat Anda ajarkan kepada anak.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail